Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game

Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game - Mungkin kamu para pengguna android yang suka bermain game sering mengalami lag di android saat sedang bermain game. Ada beberapa penyebab android menjadi lag saat bermain game dan tentunya kamu para pengguna android yang hobby bermain game harus mengetahui beberapa penyebab lag di android saat bermain game.

Hal tersebut berguna ketika terjadi lag di android saat bermain game, kamu bisa langsung mengatasinya sendiri tanpa harus meminta bantuan kepada teman yang mengerti ataupun kepada orang lain. Jadi kalau kamu sudah mengetahuinya kamu bisa menyelesaikan sendiri masalah tersebut.

Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game

Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game


Berikut ini akan saya bahas cara mengatasi lag di android saat bermain game yang harus kamu ketahui dan kamu pahami agar tidak salah ketika nanti mempraktekannya. Jadi mohon di perhatikan yang akan saya jelaskan di bawah.

1. Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Banyaknya jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa menyebabkan lag di android saat bermain game. Hal tersebut karena banyaknya penggunaan ram pada android, sehingga performa android menurun dan menyebabkan lag saat bermain game.

Untuk mengatasinya, sebelum kamu memulai bermain game di android terlebih dahulu hentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Caranya clear semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, seperti gambar di bawah !

Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game


Jika sudah kamu clear, langkah selanjutnya silakan kamu masuk ke Pengaturan > Pilih Opsi Pengembang > Aktifkan Fitur Developer Options > Pilih Batas Proses Latar Belakang > Ubah Proses latar belakang dari batas standard menjadi Maksimal 1 Proses (seperti gambar di bawah). Selesai dan silakan kamu coba untuk bermain game.

2. Hapus File Sampah (Baik file sampah yang tersembunyi ataupun tidak tersembunyi)

Setiap kali kamu membuka sebuah aplikasi atau game di android, pastinya aplikasi atau game yang kamu buka selalu menninggalkan file sampah yang tersimpan di ruang penyimpanan android. Itulah sebabnya saya selalu menyarankan untuk menghapus file sampah minimal 1 minggu sekali. Agar android tidak menjadi lambat ataupun lag saat bermain game. Untuk mengatasinya silakan kamu baca pada artikel Cara Menghapus File Sampah Android Yang Tersembunyi.
Baca Juga : Lakukan Hal Ini Agar Android Kamu Tidak Lambat

3. Jangan Menggunakan Live Wallpaper
Pastikan Wallpaper yang kamu gunakan pada smartphone android bukan live wallpaper, karena jika kamu menggunakan live wallpaper bisa membuat lag di android saat bermain game.

4. Nonaktifkan Sementara Notifikasi
Jika notifikasi yang masuk hanya 1 atau 2 mungkin itu tidak jadi masalah, tetapi jika notifikasi yang masuk banyak itu bisa membuat lag di android saat bermain game. Sebaiknya nonaktifkan notifikasi ketika kamu mau bermain game dan aktifkan kembali jika sudah selesai bermain game.

5. Atur Grafis di Dalam Game
Sesuaikan pengaturan grafis yang ada di dalam game dan sesuaikan dengan kemampuan android milikmu. Jika menggunakan setelan grafis tinggi dan standard tetapi masih tetap lag, sebaiknya gunakan grafis rendah agar tidak lag.

6. Setting Power Management
Oke yang terakhir ini tentunya sangat beresiko dan dapat membuat android menjadi cepat panas karena mode pengaturannya cpu dan gpu pada android di gunakan 100%. Tetapi melakukan pengaturan pada power management bisa membantu android menjadi tidak lag saat bermain game.

Sebelum saya beritahu, sebaiknya kamu coba 5 cara diatas, jika masih lag kamu boleh mencoba cara yang ke 6 ini. Silakan kamu masuk ke pengaturan > Pilih Baterai > Pilih Pengoptimalan Baterai dan pilih game yang ingin kamu mainkan agar tidak lag, lalu slide ke kiri untuk menonaktifkannya (Versi Sistem Operasi Oreo), lihat gambar di bawah.
Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game


Setiap smartphone android memiliki pengaturan yang berbeda, jika pada android lolipop bisa kamu coba dengan cara masuk ke pengaturan > pilih baterai > lalu ubah menjadi mode performa. Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game


Cukup sampai disini dulu pembahasan kali ini, semoga artikel Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game yang saya bahas kali ini dapat berguna dan juga bermanfaat untuk kamu yang membacanya. Jika ada yang ingin di tanyakan terkait pembahasan kali ini silakan tinggalkan pertanyaan kamu di kolom komentar yang sudah tersedia di bawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan pertanyaan kamu pada kolom komentar yang sudah tersedia di bawah ini. Dilarang keras untuk :

1. Mengeluarkan Kata-Kata Kotor Pada Kolom Komentar
2. Dilarang Keras untuk melakukan Spam
3. Dilarang Keras Untuk mengejek
4. Dilarang Keras Untuk Out of Topic

Jika ada pertanyaan yang keluar dari topic artikel, silakan kirimkan pertanyaan kamu ke email yang sudah tertera di halaman "Hubungi Kami".